Welcome Comments Pictures

Senin, 07 November 2016

Pertanyaan Kaji Ulang dan Diskusi

NAMA                : KAMILA AZHAR
NPM                    : 24213757 (GANJIL)
KELAS                : 4EB10
MATA KULIAH : PEMERIKSAAN AKUNTANSI LANJUT

PERTANYAAN KAJI ULANG
1.Bedakan antara profesional sistem, pengguna akhir, dengan pemegang kepentingan.
- Profesional sistem (systems professional) adalah analisis, teknisi sistem dan programer.
- Pengguna akhir (end user) adalah pihak untuk siapa sistem dibangun.
- Pemegang kepentingan (stakeholder) adalah orang-orang di dalam atau di luar perusahaan yang memiliki kepentingan atas sistem terkait akan tetapi bukan merupakan pengguna akhir sistem tersebut.

3. Apa saja tiga masalah yang menyebabkan kegagalan sistem?
- Kurangnya penyesuaian pengembangan sistem
- Pengembangan sistem yang tidak dapat dipelihara
- Adanya kerusakan dan kesalahan rancangan

5. Siapa yang harus masuk dalam komite pengarah? Apa saja tanggung jawab komite tersebut pada umumnya?
Komposisi dari komite pengarah (steering committee) adalah CEO, direktur keuangan, direktur informasi, pihak manajemen senior dari berbagai area pengguna, auditor internal dan pihak manajemen senior dari layanan komputer.

Tanggung jawab umum komite pengarah:
- Mengatasi berbagai konflik yang timbul dari sistem baru
- Mengkaji berbagai proyek dan menetapkan prioritas
- Menganggarkan dana unttuk pengembangan sistem
- Mengkaji status tiap proyek yang sedang berjalan
- Menentukan melalui berbagai titik pemeriksaan di seluruh SDLC apakah akan melanjutkan proyek atau menghentikannya.

7. Apa yang dimaksud dengan perencanaan strategis dan mengapa harus dilakukan?
Perencanaan sistem strategis (strategic system planning) melibatkan alokasi berbagai sumber daya sistem di tingkat makro. Biasanya perencanaan ini berhubungan dengan kerangka waktu tiga hingga lima tahun. Rencana sistem strategis berkaitan dengan alokasi berbagai sumber daya sistem seperti karyawan (jumlah profesional sistem yang harus dikontrak), peranti keras (jumlah terminal kerja, minikomputer dan mainframe yang harus dibeli), peranti lunak (dana yang dialokasikan untuk proyek sistem baru dan untuk pemeliharaan sistem), serta telekomunikasi (dana yang dialokasikan untuk jaringan EDI).
Perencanaan strategis harus dilakukan karena mungkin tidak ada aspek dalam aktivitas bisnis perusahaan yang sangat labil dan tidak dapat diprediksi seperti perencanaan sistem informasi.

9. Apa yang dimaksud dengan pendekatan desain berorientasi objek (object-oriented design – OOD)?
Pendekatan berorientasi objek (object-oriented design – OOD) mengembangkan sistem informasi dari berbagai komponen atau objek (object) standar yang dapat digunakan kembali.

11. Apa saja teknik utama dalam mengumpulkan fakta?
- Observasi, melibatkan pengamatan secara pasif berbagai prosedur fisik dalam sistem
- Keterlibatan dalam Pekerjaan, perluasan dari observasi di mana analisis mengambil peran aktif dalam melakukan pekerjaan pengguna.
- Wawancara Personal, metode untuk mengekstraksi fakta mengenai sistem yang ada dan persepsi pengguna mengenai berbagai kebutuhan akan sistem yang baru.
- Mengkaji Dokumen Sumber, dokumen-dokumen perusahaan adalah sumber lain fakta mengenai sistem yang sedang disurvei.

13. Bedakan antara sumber data, penyimpanan data, dengan aliran data.
- Sumber data (data source): sumber data meliputi berbagai entitas eksternal, seperti pelanggan atau vendor, serta sumber-sumber internal dari berbagai departemen lainnya.
- Penyimpanan data (data store): penyimpanan data berbentuk file, basis data, akun dan berbagai dokumen sumber yang digunakan dalam sistem.
- Aliran data (data flow): aliran data diwakili oleh perpindahan berbagai dokumen dan laporan antarsumber data, penyimpanan data, pekerjaan pemrosesan dan pengguna. Aliran data juga dapat diwakili dalam berbagai diagram UML.

15. Apa tujuan dari analisis sistem, dan apa jenis informasi yang harus dimasukkan ke dalam laoran analisis sistem?
Tujuannya menganalisis secara simultan ketika melakukan pengumpulan fakta.

Jenis informasi:
- Menyajikan pihak manajemen atau komite pengarah berbagai temuan survey
- Masalah yang diidentifikasi dalam sistem yang ada
- Kebutuhan pengguna
- Kebutuhan sistem yang baru

17. Apa saja dua pendeketan dalam desain konseptual sistem?
- Pendekatan desain terstruktur (structured design) adalah cara yang disiplin untuk mendesain sistem dari atas ke bawah.
- Pendekatan berorientasi objek (object-oriented design – OOD) mengembangkan sistem informasi dari berbagai komponen atau objek (object) standar yang dapat digunakan kembali.

19. Apa yang dimaksud dengan objek, dan apa saja karakteristik pendekatan berorientasi objek? Berikan dua contoh.
Objek merupakan adalah lokasi di memori yang memiliki nilai dan direferensikan oleh pengidentifikasi. Karakteristiknya, mengembangkan sistem informasi dari berbagai komponen atau objek standar yang dapat digunakan kembali. Contohnya yaitu proses dalam pembuatan mobil.

21. Siapa yang seharusnya dilibatkan dalam kelompok pengavaluasi independen dalam melakukan studi kelayakan terperinci?
Auditor dan Komite Pengarah.

23. Klasifikasikan hal2 berikut ini sebagai biaya yang timbul sekali atau berulang :
a) Melatih personel
b) Pemrograman dan pengujian awal
c) Desain sistem
d) Biaya peranti keras
e) Biaya pemeliharaan peranti lunak
f) Persiapan lokasi
g) Sewa fasilitas
h) Konversi data dari sistem lama ke sistem baru
i) Biaya asuransi
j) Instalasi perlengkapan awal
k) Pembaruan peranti keras

Biaya yang timbul sekali :
a) Melatih personel
b) Pemrograman dan pengujian awal
c) Desain sistem
f) Persiapan lokasi
h) Konversi data dari sistem lama ke sistem baru
j) Instalasi perlengkapan awal

Biaya yang berulang :
d) Biaya peranti keras
e) Biaya pemeliharaan peranti lunak
g) Sewa fasilitas
i) Biaya asuransi
k) Pembaruan peranti keras

25. Diskusikan berbagai kebaikan dari peranti lunak yang dikembangkan secara internal dengan yang dikembangkan secara komersial
- Waktu Implementasi
Sistem yang disesuaikan sering kali membutuhkan waktu lama untuk pengembangannya. Berbulan-bulan atau bahkan beberapa tahun harus dilewati sebelum sebuah sistem yang disesuaikan dapat dikembangkan melalui prosedur pengembangan internal. Kecuali jika perusahaan berhasil mengantisipasi kebutuhan informasi di masa mendatang dan menjadwalkan pengembangan aplikasi sesuai kebutuhan tersebut, maka perusahaan dapat mengalami waktu tunggu yang sangat lama sebelum kebutuhannya terpenuhi. Akan tetapi, peranti lunak komersial dapat diimplementasikan hampir secara langsung pada saat timbul kebutuhan. Penggunanya tidak harus menunggu.
- Biaya
Seorang pengguna akan secara penuh menangguung biaya pengembangan. Akan tetapi, karena biaya peranti lunak komersial disebarkan ke banyak pengguna, biaya per-unit berkurang hingga menjadi sebagian kecil saja dari biaya sistem yang dikembangkan secara internal.
- Keandalan
Kebanyakan peranti lunak komersial telah diuji secara menyeluruh sebelum dilepaskan ke pasar. Segala kesalahan sistem yang tidak ditemukan dalam pengujian akan dapat ditemukan oleh perusahaan pengguna sistem ketika peranti lunak dirilis dan dapat segera diperbaiki. Walaupun tidak ada sistem yang dijamin bebas dari kesalahan, peranti lunak komersial memiliki lebih sedikit kesalahan daripada sistem yang dikembangkan secara internal.

27. Mengapa data uji harus disimpan setelah digunakan?
Data uji harus disimpan untuk digunakan kembali yang nantinya akan memberikan auditor kerangka rujukan untuk mendesain dan mengevaluasi berbagai pengujian audit di masa mendatang. Menyimpan data uji dan hasilnya juga merupakan fitur pengendalian yang penting, karena pengembangan sistem di masa mendatang dapat menggunakan data uji dan berbagai hasilnya tersebut untuk menguji berbagai perubahan di masa mendatang atas peranti lunak aplikasi.

29. Dokumen apa saja yang biasanya tidak dibutuhkan oleh pemegang kepentingan lain akan tetapi dibutuhkan akuntan dan auditor untuk sistem baru?
- Dokumentasi operator
- Dokumentasi pengguna
- Dokumentasi desainer dan programmer

PERTANYAAN DISKUSI
1. Berikan pendapat anda mengenai pernyataan berikut ini “tahap pemeliharaan dalam SDLC melibatkan perubahan mendasar yang mengakomodasi perubahan kebutuhan pengguna”.
Menurut saya, kebutuhan pengguna terhadap sistem berubah-ubah sesuai kebutuhan yang dipakai bisa pula perubahan yang sederhana seperti modifikasi sistem untuk menghasilkan laporan baru atau perubahan yang besar atas logika aplikasi dan antarmuka pengguna.

3. Apakah rencana strategis yang baik berorientasi pada perincian?
Tidak, karena rencana strategis menghindari terlalu banyak perincian. Rencana tersebut harus memungkinkan para spesialis sistem untuk membuat keputusan berdasarkan informasi yang memadai dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang relevan, seperti harga, ukuran kinerja, ukuran keamanan dan pengendalian.

5. Apa tujuan yang diberikan proposal proyek sistem? Bagaimana tujuan ini dievaluasi dan dibuat prioritasnya? Apakah proses pembuatan prioritas adalah proses yang objektif atau subjektif?
Memberikan pihak manajamen dasar untuk memutuskan apakah akan melanjutkan proyek atau tidak. Proposal formal melyani dua tujuan, pertama, proposal tersebut meringkas berbagai temuan dari penelitian yang dilakukan pada tahap ini menjadi rekomendasi umum untuk sistem baru atau modifikasi sistem. Hal ini memungkinkan pihak manajemen mengevaluasi masalah yang dianggap ada bersama dengan sistem yang diusulkan sebagai solusi yang layak dijalankan. Kedua, proposal tersebut menggambarkan secara garis besar hubungan antara tujuan dari sistem yang diusulkan dengan tujuan bisnis perusahaan, terutama dengan yang digambarkan secara umum dalam rencana strategi TI. Proposal ini menunjukkan bahwa sistem baru yang diusulkan sesuai dengan arah strategis perusahaan. Proses yang objektif.
 
7. Kurangnya dukungan dari pihak manajemen puncak mengarah pada kegagalan proyek sistem baru selama tahap implementasi. Mengapa menurut anda dukungan dari pihak manajemen begitu penting?
Menurut saya, manajemen puncak berpengaruh terhadap aktifitas data perlengkapan yang dibeli, karyawan, sistem didokumentasikan dan sistem yang baru diinstall. Serta manajamen puncak yang mengatur keuangan dan mengatur jam kerja personel untuk tahap implementasi ini sehingga manajemen puncak sangat berpengaruh terhadap proses pembuatan sistem baru.

9. Bandingkan dan bedakan antara pendekatan desain terstruktur dan pendekatan berorientasi objek. Mana menurut anda yang lebih menguntungkan, mengapa?
- Pendekatan tersturuktur: cara dari atas ke bawah dan secara tersusun dan bertahap biasanya berbentuk diagram aliran data dan diagram terstruktur.
- Pendekatan objek: mengembangkan sistem infrmasi dari berbagai kompnen atau objek standar yang dapat digunakan kembali. Bisa diibaratkan proses pembuatan mobil, tahap pertama apa dulu yang dipasang kemudian tahap kedua dan selanjutnya.
Menurut saya, pendekatan objek yang lebih menguntungkan karena sistem hanya membutuhkan sedikit biaya karena objek yang dipakai telah diketahui dan juga pengurangan waktu serta fleksibilitas dalam proses pengembangan.

11. Manfaat tidak berwujud biasanya sangat sulit diukur secara akurat. Beberapa desainer beragumentasi bahwa jika anda tidak memperhitungkannya, maka akan dihasilkan perkiraan yang konservatif. Manfaat lebih apapun akan diterima, tetapi tidak diisyaratkan untuk keberhasilan sistem yang baru. Apa saja bahaya sudut pandang ini?
Menurut saya, bahaya dari sudut pandang di atas yaitu tidak melihat ke masa depan, jika tidak diukur manfaatnya sama saja dia akan menanggung resiko kegagalan sistem karena konsumen yang menggunakan tidak akan selalu menerima manfaat dari sistem itu sendiri.

13. Selama prosedur data uji, mengapa pengembang harus menguji data yang buruk ?
Karena agar mengetahui sistem yang buruk itu bagaimana dan bisa di evaluasi di masa yang akan datang dan menguji berbagai perubahan atas peranti lunak aplikasi.
 
15. Buku petunjuk operasi untuk operator computer secara teori sama dengan daftar periksa bagi pilot pesawat yang digunakan untuk lepas landas dan mendarat. Jelaskan kenapa buku ini sangat penting?
Karena pilot harus menggunakan aturan dan pedoman yang ada, jika tidak mengikuti buku operasi dan seenaknya saja dalam mengendalikan pesawat bisa membahayakan semuanya.

17. Diskusikan peran penting melibatkan akuntan dalam tahap desain terperinci dan implementasi. Pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh akuntan?
- Dalam tahap desain terperinci seorang akuntan membandingkan biaya dan manfaat dan memisah mana biaya yang lebih dibutuhkan atau tidak.
- Dalam tahap desain implementasi akuntan sebagai alur dalam sistem tersebut atau sebagai pengguna sistem tersebut.

19. Diskusikan berbagai ukuran kelayakan yang harus dipertimbangkan. Berikan contoh untuk tiap ukuran tersebut.
- Kelayakan hukum
Pembuat keputusan harus memastikan diri bahwa sistem yang diusulkan tidak melanggar batasan hukum yang ada. Contohnya, suatu sistem diterapkan akan tetapi melanggar privasi serta kerahasiaan yang disimpan.
- Kelayakan operasional
Menunjukan tingkat kesesuaian antara prosedur perusahaan yang ada dengan berbagai keahlian serta kebutuhan operasional yang baru. Contohnya, saat sistem di terapkan kita melihat dulu apakah sistem ini layak untuk digunakan atau tidak.
- Kelayakan jadwal
Berhubungan dengan kemampuan perusahaan untuk mengimplementasikan proyek tersebut dalam waktu yang dapat ditoleransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar